|

Chile, Argentina Bangun Terowongan 23 Km

Sabtu, 31 Oktober 2009 10:31 WIB | Mancanegara | Amerika |
Santiago (ANTARA News/AFP) - Chile dan Argentina, Jumat, bersepakat membangun terowongan jalan dan jalan kereta api melintasi perbatasan bersama mereka melalui proyek yang ditujukan untuk membuka dua rute baru melalui Andes yang tinggi, kata beberapa pejabat.

Presiden Chile Michelle Bachelet dan Presiden Argentina Cristina Kirchner menandatangani perjanjian itu di Santiago sebagai bagian dari kesepakatan lebih luas untuk mendorong integrasi dan kerjasama di sepanjang 5.000 Km perbatasan kedua negara yang bergunung-gunung.

Bachelet menyatakan perjanjian itu adalah yang perjanjian pertama di bidang semacam itu di Amerika Latin, sementara Kirchner mengatakan tujuannya adalah untuk "menyatakan potensi yang membantu membangkitkan kondisi kehidupan yang lebih baik bagi rakyat kami".

Proyek jalan kereta api itu, yang bukan baru, memerlukan terowongan sepanjang 23 Km melalui rantai gunung Andes untuk menghubungkan kota Mendoza di Argentina dan Los Andes di Chile.

Proyek itu membutuhkan antara delapan dan 10 tahun untuk membangunnya dan biayanya diperkirakan tiga miliar dolar.

Perjanjian itu juga minta terowongan lintas-perbatasan yang kedua melalui Andes di Paso de Agua Negra untuk jalan raya yang mengubungkan Chile utara dan Argentina.

Terowongan itu akan menambah terowongan Los Libertadores di bagian tengah negara itu, yang sering tertutup oleh salju. (*)

COPYRIGHT © 2009

0 komentar: